Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

-->
Bola Basket
Permainan bola basket adalah salah satu permainan beregu . Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan . Setiap regu terdiri atas 5 pemain . Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyak nya ke ring lawan .
1.  Sejarah bola basket
Permainan bola basket ditemukan oleh Dr.james Nainsmith . Ia adalah seorang pastor berkebangsaan Kanada , sekaligus pengajar di sebuah sekolah yang bernama YMCA (Youngth Men Christian Association) di Springfield , Massacusetts . Tahun 1891 , Smith mendapat suatu tantangan dari seorang yang bernama Dr.Luther Halsey Gullick untuk menciptakan suatu permainan yang dilakukan di dalam ruangan , mudah dimainkan , dan menarik.
Berdasarkan tantangan tersebut , Smith mencoba membuat suatu permainan dengan sasaran keranjang . Permainan tersebut ia namakan basket ball  . Akhirnya , tahun 1924 basket ball didemontrasikan pada ajang Olimpiade di Prancis .
Permainan yang diciptakannya mendapat sambutan baik dari direktur sekolah olahraga di Jeneva , sehingga digelarlah konferensi pertama pada 21 Juni 1932 . Hasil dari konferensi tersebut adalah dibentuknya Federasi Bola Basket Internasional yang dikenal dengan Federation Internationale de Basketball Ameteur (FIBA) .
Pada tahun 1936 , bola basket dipertandingkan untuk pertama kali dalam Olimpiade di Jerman yang diikuti 21 negara . Sementara itu , perkembangan bola basket di tanah air pun sangat pesat . Hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya pertandingan bola basket pada PON I Surakarta , sebelum didirikannya persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) . PERBASI didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951 dan diterima menjadi anggota FIBA dua tahun kemudian .

2.Permainan bola basket
      Dalam permainan bola basket memiliki teknik dasar tertentu . Selain itu , permainan ini pun memiliki peraturan tersendiri .
a.     Peraturan permainan

1.     Ukuran lapangan
Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang.
Panjang = 26 meter.
Lebar = 14 meter.
Diameter lingkaran tengah = 3,60 meter.
Panjang garis daerah hukuman =1,20 meter.
2.     Ukuran ring dan papan pantul
Ukuran papan pantul = 1,05 x 1,8m dengan kotak kecil di tengah 45 x 59 cm.
Jarak papan paling bawah ke lantai = 2,9 m.
Tinggi ring dari lantai = 3,05 m.
Diameter ring = 45 cm
Jarak tepi ring ke papan = 15 cm.
Jarak baselinelendline ke papan = 1,2 m
Panjang jaring terjuntai = 40-45 cm.
3.     Pemain
Setiap regu dalam permainan bola basket terdiri atas 12 orang , namun hanya 5 orang yang menjadi pemain lapangan . Dalam sebuah pertandingan , satu regu memiliki satu orang pelatih dan asisten pelatih , serta memiliki satu orang kapten yang diambil dari salah seorang pemain.
4.     Ukuran bola
Bola basket berbentuk bulat , terbuat dari karet , kulit , atau bahan sintesis lainnya . Lingkaran bola 74,9-78 cm dan berat 567-650 gram.


5.     Ketentuan waktu
Waktu pertandingan dalam permainan bola basket adalah 2 x 20 menit atau 4 x 12 menit , dengan lamanya istirahat berkisar antara 10-15 menit.

b.Pelanggaran-pelanggaran dalam permainan bola basket
1) Travelling
            Travelling adalah pelanggaran yang dikarenakan saat dribble bola dibawa berlari
2) Double
            Double adalah pelanggaran yang dikarenakan saat dribble kita berhenti belari kemudian kita dribble lagi maka hal seperti tersebut disebut double dalam permainan bola basket maka bola untuk lawan .
3) Foul
            Foul adalah pelanggaran yang dikarenakan saat lawan sedang melakukan dribble kita menyentuh tangannya , mendoro ng ataupun menarik nya maka itu disebut foul . Apabila kita melakukan foul maka lawan akan mendapatkan tembakan dari garis fitro sebanyak 2 kali . Seorang yang apabila melakukan foul sebanyak 5 kali maka akan mendapatkan foul out yaitu tidak diizinkan bermain selama pertandingan berlangsung .
4) Backball
            Backball adalah pelanggaran yang dikarenakan saat kita telah men-dribble masuk ke daerah lawan kita mengoper kembali ke belakang garis daerah kita maka saat itu bola dinyatakan untuk lawan.
5) Three second
            Three second adalah pelanggaran yang dikarenakan saat kita di daerah lawan kita berada tepat dibawah ring selama 3 detik maka bola kembali untuk lawan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar